Kamis, 13 September 2018

0

BAB 3 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)

BAB 3 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)

Nama :
Deni Islamiati             (51415021)
Fitriana Dwi Lestari (51415031)
Putri Dewi                  (51415047)     

1.      PENDAHULUAN
            Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce.Perdangan eletroknik yang disebut juga e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Sebagian besar e-commerce terjadi antarbisnis dan bukan antara bisnis dengan konsumen. E-commerce bisnis ke bisnis konsumen (business to consumerz) adalah perkembangan yang terakhir dan tampaknya semua orang kini berselancar di internet untuk membeli buku-buu dan musik. Penjualan bisnis ke konsumen sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan penjualan bisnis ke bisnis, namun hal itu masih mencerminkan satu peluang bagi pertembuhan dan laba yang besar. Perusahaan harus memahami peranan yang dimainkan oleh internet dan World Wide Web dalam memberikan infrastruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan e-commerce. Definisi sempit mengenai perdagangan elektronik (yang biasa disebut e-commerce) yaitu meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing-masing melalui internet. Ini artinya hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce.Sedangkan definisi luas yang  diberikan mengenai e-commerce yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Maka dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama.
 Sistem Interorganisasional
Perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional (IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu uni yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing. Tanpa jaringan computer dan kemampuan pemrosesan computer, organisasi akan menjadi sebuah suatu produksi maya, dengan sedikit kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem interorganisasional.
1.      Manfaat IOS
Sekutu dangang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat penting yaitu, efesiensi komparatif dan kekuatan penawaran.
·         Efesiensi Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efesiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.
·         Kekuatan penawaran
Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar, dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik, dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan meningkatkan biaya perpindahan. Penambahan persediaan oleh vendor adalah suatu jenis IOS khusus di mana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya mengakses sistem persediaan berbasis computer yang dimilikinya. Pemasok dapat memulai proses penambahan dengan secara elektronik momonitor tingkat persediaan perusahaan hal perlindungan, perusahaan dapat  membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitive dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja, bukannya keseluruhan sistem basis data perusahaan.
2.      PEMBAHASAN
Ø  Perdagangan Elektronik
Adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi,www, atau jaringan computer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventasi dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersal, seperti : transfer dana secara elektronik, SCM (Supplay Chain Management) e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik. E-commerce dibedakan menjadi dua jenis,yaitu:
·         E-commerce bisnis ke konsumen (Business to Comsumen-B2C) mengacu pada transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk.
·         E-commerce bisnis ke bisnis (Business to Business-B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihqak yang menjadi konsumen akhir, melibatkan orang yang relativ sedikit, dan pihak yang terlibat dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis.
Ø  Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
Perusahaan melakukan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan ini diharapkan hasil dari 3 manfaat utama yang akan diberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang menerapkan teknologi computer yaitu:
1.      Pelayanan pelanggan lebih baik
2.      Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
3.      Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik meningkat
Ø  Kendala-kendala E-commerce
Pada tahun 1996,dilakukan survey dan didapati 60 persen perusahaan respons menunjukkan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan. Perusahaan tersebut menyebutkan tiga kendala dengan urutan sebagai berikut :
1.      Biaya tinggi
2.      Masalah keamanan
3.      Perangkat lunak yang belum ada
Ø  Intelegensi bisnis (Business Intelligence)
Intelegasi bisnis atau business intelligence menjadi sangat dibutuhkan, karena pengambilan keputusan pelaksanaan e-commerce itu terlebih dahulu harus mengetahui tentang para pelanggan, pesaing, pemasok dan pihak-pihak eksternal lainnya. Inteligensi bisnis (business intelligence – BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsure-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
·         Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia julah basisi data komersal penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subyek. Perusahaan menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis, karena ia lebih cepat dan lebih murah daripada meneliti beragam jenis sumber informasi.
·         Basis Data Pemerintah
Merupakan sumber informasi penting lainnya seperti perpusatakaan, biro sensus, biro statistic tenaga kerja, dan sebagainya. Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiriuntuk kecerdasan pasar. Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya faktor bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di web.
Ø  Sistem interorganisasional
Perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan lain untuk mencipatakan suati sistem interorganisasional (IOS) sehingga semua perusahaan bekerja sama sebagai suatu untuk yang terkoordinasi meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Tanpa jaringan computer dan kemampuan pemrosesan computer, organisasi akan terjadi sebuah suatu produksi. Dengan sedikit kemampuan yang digunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan kualitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem interorganisasional.
1.      Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merelisasikan dua manfaat penting yaitu efesiensi komparatif dan kekuatan penawaran.
·         Efesiensi komparatif sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa tingkat yang lebih tinggi memberikan barang dan jasa dnegan biaya yang rendah kepada pelanggan.
·         Kekuatan penawaran. Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggan demu keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining ower)
Ø  Strategi B2C untuk E-Commerce
Dua alasan mengapa harus memahami strategi bisnis e-commerce begitu penting yaitu semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web.
1.      Produk-produk Digital
Perbedaan antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web,misalkan produk digital ini dapat di gunakan setelah selesai di download.
2.      Produk-produk Fisik
 Berbeda dari produk digital, produk-produk fisik disini dapat di komsumsi melalui web tapi sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggan.
3.      Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya ( virtual sales ) disini yaitu bagaimana penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.
4.      Pemerintahan Elektronik
Disini Pemerintah juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce yaitu berupa sertifikat pajak. Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar.
Ø  Perdagangan Bergerak
1.        Perdagangan bergerak adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi untuk melakukan e-commerce nirkabel. Di perdagangan bergerak ini sangat penting untuk melakukan bisnis, karena agar suatu bisnis yang dijalankan sebuah perusahaan itu akan berhasil dan dengan adanya ini membuat bisnis perusahaan sukses
2.      Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat. Hot spot Internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi.
Ø  Menggunakan Internet
Internet juga sangat di butuhkan oleh  E-commerce tuntuk terjadinya jaringan ynag menghubungkan pelanggan kepada para organisasi atau penjual.
1.      World Wide Web
Pada tahun 1989, Tim Berners –Lee, Seorang ilmuwan computer yang bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk saling berkomunikasi.
a.      World wide web
Informasi yang bisa diakses melalui internet yaitu berisi dokumen atau data yang disimpan
b.      Situs web
Sekumpulan halaman web yang terhubung dengan internet yang berisi file-file yang bisa di akses dari computer
c.       Link hypertext
Petunjuk yang berisi teks atau grafik yang disimpan di semua alamat situs web
d.      Halaman web
Sebuah file yang tersimpan pada satu alamat web yang unik
e.       Home page
Halaman situs web pertama dan juga halaman situs yang lain akan bisa di jangkau di home page
f.       Browser
Perangkat lunak yang dirancang untuk menemukan dan membaca file di internet seperti HTML
g.      Universal Resource Locator (URL)
Alamat yang ebrada di suatu situs unik web
h.      Protocol
Sekumpulan komunikasi data seperti HTTP atau FTP dalam suatu URL yang diikuti oleh tanda titik dua (:) dan juga dua garis miring (//)
i.        Makna domain
Disini berisi-berisi alamat situs web yang disimpan
3.      KESIMPULAN
Dalam dunia teknologi, E-commerce merupakan bagian dari e-business dimana yang cangkupannya lebih luas seperti kolaborasi, mitra bisnis, pelayanan, lowongan pekerjaan dll. E-commerce bisa diklasifikasikan menjadi dua yaitu B2C dan B2B. perusahaan bergabung dalam IOS untuk mendapatkan keuntungan dan juga meningkatkan kekuatan penawaran. Perusahaan menggunakan internet dalam banyak hal. Seperti aplikasi yang lainnya di sebut sebagai intranet. Dan hampir semua perusahaan dapat menggunakan internet untuk mendukung proses-proses yang dimilikinya.

4.      REKOMENDASI MANAJERIAL
            Di dalam perusahaan atau berbisnis alasan utama dalam berkembangnya perdagangan melalui media eletronik, seperti olshop online melalui akses jaringan sosial media dan teknologi komputer. Dalam melakukan perdagangan melalui jaringan eletronik kita harus memperhatikan biaya penerapan, masalah keamanan, dan kemampuan berbisnis. Perusahaan juga harus menerapkan peraturan-peraturan yang harus dilakukan oleh pembeli, sehingga keamanan tetap terjaga. Sarana media elektronik juga harus lebih di kembangkan.
Referensi

Raymond McLeod, dan Jr. George P. Schell. (2007). Management Information System. 10 Edition. Pearson Education, Inc. New Jersy. Terjemahan : Ali Akbar Yulianto dan Afia R. Fitriati. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Selemba Empat.

0 komentar:

Posting Komentar